Friday, February 21, 2014

Dialog drama untuk 6 orang (5 orang perempuan dan 1 orang laki - laki ) tentang persahabatan

SAHABATKU ADALAH SOLUSIKU
Suasana pagi cerah di Global International School mengiringi sebuah kisah keenam sekawan dengan karakter yang berbeda-beda. Namun perbedaan tersebut tidak menjadikan mereka berlima berselisih, tetapi menjadikan mereka maskot dalam persahabatan yang sejati. Ayu, Lucas, Celine, Ipeh, Eulis dan Clara, itulah nama mereka. Mereka selalu kompak dan tampak ceria setiap hari. Jadi tidak heran jika mereka memiliki ribuan teman. Kelima sekawan tersebut berbincang-bincang sambil berjalan di koridor sekolah.
Ipeh : “Eh, bentar lagi kite pan mau UAN nih ye, pastinye waktu kite untuk kumpul-kumpul pan akan tersita buat belajar. Nah gimane tuh?”

Celine
 
: “Yes, that’s right, jadwal kita bakalan jungkir balik gara-gara persiapan UAN. Jadwal shopping, ke salon, creambath, manypadhy, dan pastinya jadwal ngedate bareng my boyfriend bakalan ancur. Aduch, bisa-bisa my hair rontok nich.”

Ayu : “Ora segitunya kali, tergantung kitanya juga. Kalo kita rajin belajar,  yo kita pasti iso ngerjain soal UAN.”

Lucas : "Ah, beta setuju sama kau !

Celine : “Ah mentang-mentang you anak pintar jadinya sok ceramah. Huh, nyebelin.”

Eulis : “Sudah jangan berdebat atuh, apa yang dibicarakan Ayu itu teh ada benarna juga. Coba atuh kamu bayangin, jika kamu rajin belajar kamu teh
tidak perlu sibuk-sibuk mikirin UAN, itung-itung siap senjata dulu sebelum perang. Santai aja, benar tidak?”

Celine : “Oke dech my teacher. Belum masuk kelas aja sudah dapat ceramah dari Miss Ayu and Miss Eulis, cape dech.”

Clara : “Ha…ha…ha…Celine Celine dari dulu penyakit marah lo gak sembuh-sembuh yah. Emang dasar ya lo itu The Queen of Angry in the World.” (Dengan nada ngeledek)

Celine : “Clara  ini sukanya kok ngeledekin I terus sih. Kalau you ngefans sama I bilang aja dech.”

Clara : “Iyuh, plis dech. Ga usah segitunya juga keles.”


Lucas : "Sudah - sudah ! Lebih baik sekarang kita ke kelas!"

Bel masuk kelas berbunyi, merekapun masuk kelas untuk mengikuti pelajaran. Waktu cepat berlalu, tak terasa sudah saatnya pulang sekolah.

Celine : “Guys, mau ke mana nich? You you pada mau langsung pulang atau mau shopping dulu?”

Clara : “Maybe, gue pengen langsung pulang dech. Udah cape bingits, seharian ulangan terus.”

Ayu : “He’eh, aku sami karo
kamu. Aku juga mau langsung pulang lah. Akeh tenan tugas yang harus di kerjakan, jadwal les aku juga banyak. Maklumlah, aku itukan orang sibuk.”
(Seraya tertawa)

Lucas : "Beta juga langsung pulang lah. Banyak PR yang harus beta kerjakan."

Ipeh : “Aduh, jadi anak kelas tiga capek banget ye. Dikit-dikit tugas, dikit-dikit ulangan. Aye pusing.”

Eulis : “Namina juga sakolah, Peh Peh.”

Hari demi hari berganti, namun ada keganjilan dari sikap Ayu, sehingga terjadi perselisihan di antara mereka.

Celine : “Ayu, akhir-akhir ini you kok busy banget yach? Sampai-sampai your
teman di lupain.”

Ayu : “Nyuon sewu. Akhir-akhir ini aku sibuk ngerjain tugas, les, dan belajar buat persiapan UAN nanti.”

Clara : “Ah, spik lo!”

Ayu : “Emh, beneran kok. Masak sih sampeyan ora percoyo karo aku.”

Eulis : “Bukan seperti itu, akhir-akhir ini teh kita liat kamu pulang lebih awal, kalau kita ajak kumpul-kumpul, kamu teh
ada saja alasana. HP kamu juga nteu aktif.”

Ipeh : “Iye, jujur aje kali ama kite.”

Ayu : “Ora opo-opo. Wiss lah
tidak usah di bahas. Ora ono topik lain toh?”
(Mulai menitikan air mata)

Clara : “Lo kenapa sich Yu? Cerita aja keles sama kita.”

Lucas : “Benar itu. Kau cerita saja sama kita”

Ayu : “Aku ora opo-opo kok. Kenapa sih
kamu ora percoyo sama aku?”

Eulis : “Kamu teh sudah
tidak anggap kita sahabat lagi?”

Ayu : “Iya deh aku cerita.”

Ipeh : “Nah gitu dong. Dari tadi nape ceritanye.”

Ternyata Ayu ada masalah dengan orang tuanya, dan masalah itu membuat Ayu tidak semangat untuk belajar. Saat pulang sekolah Clara, Eulis, Lucas, Celine dan Ipeh   berkumpul di rumah Clara

Celine : “Guys, I kasian nich with Ayu, dia les terus.”

(Dengan wajah memelas)

Clara : “Emang L punya rasa kasihan ?”

(Dengan nada meledek)

Ipeh : “ Udeh nggak usah pade berantem. Tau nggak, kalian itu kaya kucing dan tikus, ribut melulu.”

Celine : “Yes, I know, sorry dech.”

Eulis : “Gimana teh kalo kita tanya saja ke orang tuanya Ayu? Jadi kita teh tau apa yang sebenarna terjadi antara Ayu dengan orang tuana.”


Lucas : " Yasudah Kalau begitu ! Ayu sekarang kita ke rumah Ayu !

Akhirnya mereka berlima datang ke rumah Ayu, dan kebetulan pada saat mereka ke rumah Ayu, dia sedang les. Setelah mereka dipersilahkan masuk, mereka berbincang-bincang dengan Ibu Ayu. Mereka berempat menanyakan apa yang terjadi antara Ayu dengan orang tuanya. Setelah bercerita panjang lebar, dan mereka telah mengetahui apa penyebabnya, pamit kepada Ibu Ayu.

Keesokan harinya Celine, Ipeh, Clara,  Lucas, dan Eulis  menghampiri Ayu yang sedang duduk termenung di dalam kelas.

Clara : “Woi.”

(Seraya mengagetkan Ayu)

Ayu : “Apa-apaan sih
kalian iki, bikin aku kaget aja!”

Clara : “Kok lo jadi nyalahin gue Yu? Lo sih pagi-pagi udah ngegalau aja, kesambet setan sekolah baru tau rasa lo.”

Eulis : “Yu, ki
ta sudah tau kenapa akhir-akhir ini sikap kamu teh jadi aneh.”

Ayu : “
Kalian ngomong opo toh, aku ndak mudeng?”

Celine: “Plis dech,my darling, my love, my everything jangan tulalit donk. Sudah jelas kita ini lagi bahas sikap kamu yang berubah 180o.”

Ipeh : “Iye tuh bener Yu, kite udah tau semuanye tentang masalah lu.”

Ayu : “
Kalian iki ada-ada aja, aku biasa aja kalian malah bilang aku berubah segala. Emang apa yang berubah? Aku tetap Ayu yang dulu.”

Eulis : “
Tidak Yu, kamu teh berubah semenjak kamu punya masalah dengan orang tua kamu.”

Ayu : “Emang kalian ngerti opo tentang masalah aku ini? Sampeyan itu ndak ngerti opo-opo!”(Dengan nada membentak)

Lucas : “Kau salah Ayu ! Kita sudah tau semuanya dari orang tua kau, benar tidak teman?”

Eulis: “Iya benar atuh!

Ayu : “Kok iso?”

Ipeh : “Iye kite tau dong. Kemaren kite berlima sengaje ke rumah lu buat nanya masalah ini ke nyak lu, dan nyak lu cerita semuanye ke kita.”

Ayu : “Ken
apa toh kalian melakukan ini semua?”

Eulis : “Kita ngelakuin hal ini karena kita teh kasian liat kamu seperti ini Yu?”

Clara : “Kita udah tanya sama lo tentang hal ini, tapi lo cuma bilang ada masalah sama orang tua lo. Lo nggak jelasin apa masalah yang sebenarnya. Ya udah kita cari tau aja sendiri.”

Lucas : “Terus kita tanya ke mama kau  kita tau kau seperti ini karena HP sama fasilitas yang kau punya di tarik sama mama kau kan?”

Ayu : “Iyo, HP
dengan fasilitasku yang lainnya diambil orang tuaku. Mangkane aku ora semangat belajar, lagian tanpa itu semua rasanya hampa. Untung I-pod aku ora ikut di sandra.”

(Sambil mengeluarkan I-pod miliknya)

Celine : “What, I-pod baru Yu!  I pinjam yah?”

Lucas : “Dasar kau Line tidak
 bisa lihat barang bagus dikit.”

Celine : “Aduch, please dech Cas, yang punya I-pod kan Ayu not you. Tapi,kenapa kamu yang repot?”

Ayu : “Wiss lah Celine, ini aku pinj
amke, tapi jangan sampai rusak yo?”

Celine : “Gitu dong, dari tadi napa? Masa pakai ceramah dulu?”

Lucas : “Sudahlah, Celine kau ini sudah dipinjamkan masih saja menyebalkan
.”

Ipeh : “Lu kok malah pade ribut aje sih soal I-pod? Lu pade kaga inget ape? Kite pan sekarang lagi bahas masalahnye si Ayu.”

Eulis
 : “Lebih baik teh sekarang kita kembali ke permasalahan awal aja atuh”

Ayu, Clara, Celine, Ipeh, dan Lucas : “Oke dech.”

Eulis : “Menurut aku teh sikap orang tua kamu ada benarna juga Yu. Jadi, kamu
tidak perlu jadi pendiam seperti ini.”

Clara : “Nah benar tuh ! Woles aja Yu.”

Ayu : “Emang bener toh. Tapi, tanpa semua i
tu aku jadi tambah males belajar karena bosen ndak ada hiburan. Aku sudah cukup tertekan harus belajar terus-terusan. Orang tua aku ndak peduli sama aku lagi, mereka selalu nuntut ini, itu tapi mereka ndak memikirkan gimana perasaanku. Mereka hanya tau keinginan mereka harus terpenuhi, tanpa berfikir kemampuan aku. Mereka egois!”

(Sambil menangis)

Ipeh : “Udeh apus aer mata lu. Lebih baik sekarang kite cari jalan keluarnye.”

Celine : “Aha, I punya ide, I punya ide, ide ini good, ide ini untuk kita.”

Clara : “Ga usah segitunya juga keles. Dasar lo Miss Lebay.”

Celine : “Huhh.. Daripada you, Miss Alay.”

Clara : “Masbulohh?”

Ipeh : “Udeh, jangan pade ribut! Pala gue mumet tau gak! Emang ide lu ape sih Line?”

Celine : “Emh, gimana kalau kita batasi pemakaian fasilitas yang ada. Selama inikan setiap hari, setiap jam, setiap menit and setiap detik kita always tergantung sama fasilitas yang ada.”

Ayu : “Bener juga
kamu Lin. Aku jadi sadar, kalo kita selalu tergantung sama fasilitas yang kita punya, kita bakalan jadi anak manja dan selalu tergantung sama fasilitas. Tapi, apakah kalian bisa meninggalkan semua itu? Aku punya sahabat kayak kalian juga wiss cukup buat aku. Tapi aku masih butuh paling tidak HP sih.”

(Mereka tertawa bersama)

Celine : “Emh, gimana ya?”

Eulis : “Aku teh bisa. Li
n, inikan ide kamu, kok malah kamu yang jadi ragu atuh?”

Celine : “Uh, tadi I nggak usul. But, I bisa kok. Demi my lovely friends. But sesekali no problem kan?”

Ipeh : “Y
e kagak nape-nape. Namanye juga masih proses. Tpi jangan terlalu sering aje ye?”

Clara : “Intinya kita setuju sama usul Celine tadi. Lagian selayaknya sahabat sejati itu selalu ada buat sahabatnya yang lagi butuh bantuan. Lo sedih, kita juga ikut sedih Yu. Karena kita merasa ada yang hilang. Kita juga ngerasa nggak enak kalau kita having fun, tapi lonya malah sedih, susah, campur aduk dech. Lagian kita juga harus konsentrasi sama U to the AN. UAN! Bener nggak sist?”

Lucas : "Nah,iya bener tuh ! beta stuju, beta setuju!


Ipeh : "Ape sih lu Cas, setuju-setuju aje! Emang lu bisa ape ngelakuin itu semue !

Lucas : "Beta pasti bisa! Beta kan sudah terbiasa hidup mandiri."

Eulis : "Baguslah kalua seperti itu."

Ayu : “Bener, kalo gitu matur nuwon yo.”

Lucas, Ipeh, Clara, Celine, Eulis : “Sama-sama. Kita sayang kamu Yu.”

Ipeh : "Meningan sekarang kita berpelukan kayak teletubbies nyok !"


Lucas : "Tidak! Beta kan laki-laki !"

Celine : "Lho, you kan sepertiga perempuan?"

Lucas : "Enak saja kau, aku ini laki-laki tulen! "

Ayu, Celine, Ipeh, Eulis, dan Clara : "Ha..ha...ha..." (tertawa bersama)

Akhirnya mereka berenam menyepakati perjanjian yang tadi diusulkan Celine. Mereka berharap hal ini dapat memberikan hasil yang baik pada UAN nanti.Hari demi hari mereka lalui penuh suka cita, dan tidak terasa waktu UAN telah tiba. Pada waktu pengumuman hasil UAN, mereka lulus dengan nilai yang memuaskan. Dan mereka di terima di SMA yang mereka inginkan selama ini. Sampai SMApun mereka tetap bersama.



Sumber : http://www.dhono-wareh.com/2013/04/naskah-drama-5-orang-singkat-bertema.html

5 comments: