Sunday, May 10, 2020

Penulisan Esai Ilmiah

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaykum teman - teman, kali ini diriku mau share terkait tips n' trik membuat esai ilmiah. Dibaca yaa, semoga bermanfaat :)

I. PENGERTIAN ESAI

Sebelum kita masuk ke cara membuat esai, kita harus tau dulu nih apa sih yang dimaksud dg esai?
Berikut adalah pengertian esai dari beberapa ahli
  • KBBI : karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya.
  • Ayu Utami : esai adalah tulisan pendek tentang suatu topik, yang dibuat menarik dengan menghubungkan data dan opini.
  • Sumardjo, Jakob dan Saini : esai adalah suatu karangan pendek tentang fakta yang kemudan dikupas menurut pandangan pribadi penulisnya.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa esai adalah tulisan pendek berisi opini  tetang suatu topik yang berdasarkan fakta dan data.

Nah, sekarang kita telah mendapat 3 kata kunci terkait apa yang dimaksud dengan esai, yaitu tulisan pendek, opini, berdasarkan fakta dan data. Kita akan bahas satu persatu. Pertama, tulisan pendek, seberapa pendek sih esai itu? Biasanya esai itu terdiri dari 500 - 1000 kata tapii untuk lomba esai sendiri biasanya ada ketentuan khusus dari panitia seberapa panjang esainya.Kedua, opini, yang dimaksu opini disini adalah pendapat/ide/gagasan kita terkait suatu topik, biasanya ide ini merupakan solusi dari suatu permasalahan. Terakhir, berdasarkan fakta dan data, nah opini/pendapat/ide/gagasan yang kita berikan bukan opini sembarangan, tetapi harus didukung oleh data dan fakta.

II. LANGKAH - LANGKAH MEMBUAT ESAI

1. Tentukan Tujuan


Maksud dari tentukan tujuan disini yaitu tentukan tema besar dari esai yang ingin kita buat. 
       
Nah, dapatin tujuannya dari mana sih?

Kalo kamu bikin esai buat ikut lomba ya jelas tujuan atau tema besar dari tema esai yang ingin  kamu buat berasal dari tema lomba. Kalo buat ngerjain tugas ya berarti tema besarnya dari si pemberi tugas.

2. Do The Research !

Step selanjutnya, lakukan riset terkait dengan tujuan atau tema esai kamu buat. 

Ibarat mau jalan - jalan, maka sebelum kamu sampai ke tujuan kamu, kamu harus melakukan riset gimana caranya sampai ke tujuan kamu. Ibarat mau masak, sebelum kamu maak kamu harus melakukan riset dulu terkait barang yang ingin kamu siapkan.

Caranya bagaimana sih? Caranya adalah dengan banyak membaca, menyimak dan mendengar tentunya harus terkait dengan tujuan kita. Semakin banyak input, semakin banyak output yang bia kita tulis.

3.  Tentukan Opini/Gagasan/Ide 

Nah, kamu kan sudah melakukan riset gimana caranya untuk mencapai tujuanmu, setelah kamu melakukan riset, ternyata ada banyak cara untuk sampai ke tujuanmu.

Pilihlah cara terbaik, terefisien, terbaru, dan terinovatif untuk sampai ke tujuanmu.

Masih diibaratkan dengan jalan - jalan kalo mau ke kota A ada banyak cara, bisa naik mobil, kereta, pesawat, dan motor. Pilihlah cara  terbaik, terefisien, terbaru, dan terinovatif untuk sampai ke kota A melakukan teleportasi misalnya hehehe.

4. Mengorganisasikan Opini/Gagasan/Ide 

Setelah kita mendapatkan cara terbaik, terefisien, terbaru, dan terinovatif untuk sampai ke kota A.

Kita harus melakukan algoritma/prosedur yang benar biar enggak nyasar, misal kalo mau naik kereta harus beli tiket dulu, beli tiket aja ada berbagai macam caranya bisa pakai aplikasi atau secara offlne.

Nah, dalam penulisan esai sendiri terdiri atas 3 bagian :

a. Pendahuluan : pendahuluan berisi tentang latar belakang, dalam menulis latar belakang kamu bisa tulis dari masalah umum terus ke masalah khusus. Masalah umum itu, iya tujuan kamu, tujuan awal kamu, tema besar lomba kamu.

Contohnya tema lombanya "Peran Pemuda dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia".

Berarti tujuan kamu/tema besar esai kamu/masalah umum pada esai kamu yaitu Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia.

Masalah pendidikan Indonesia kan banyak kamu pilih masalah khusus dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. 

Contohnya, masalah sarana dan prasarana, peningkatan kualitas guru, tingkat literasi siswa, dan lain - lain.(Note : Pilih 1 masalah khusus aja)

Dari mana kamu dapat masalah khusus? dari Do The Research !

Oleh sebab itu, jangan lupa dalam menuliskan bagian ini sertakan data dan fakta terkait masalah khusus yang ingin kamu selesaikan.

b. Isi : bagian ini berisi tentang opini/ide/gagasan mu untuk menyelesaikan masalah khusus itu,  tuliskan juga cara menerapkan ide mu itu. Untuk lebih menyakinkan maka, jangan lupa sertakan data dan fakta terkait opini/ide/gagasan mu.  

Contohnya, kalo kita analogikan ke jalan - jalan tadi misal kamu memilih ide naik kereta, sertakan data dan fakta bahwa naik kereta adalah yang terbaik.

Tuliskan pula langkah - langkah menaiki kereta.

c. Penutup : bagian ini berisi kesimpulan dari esai kamu, kesimpulan disini bukan berarti esai kamu ringkas dan ditulis ulang. Tapi, pada kesimpulan ini, kamu cukup menerangkan dan menyakinkan pembaca bahwa berdasarkan data dan fakta,  opini/ide/gagasan mu dapat menyelesaikan permasalahan khusus. Sehingga, masalah umumu/tujuan kamu dapat tercapai.

5. Proofread !

Tahap terakhir dari penulisan esai ilmiah yaitu periksa ulang atau tinjau kembali esai mu. Sebelum akhirnya dikirim. Jangan sampai ada kesalahan typo atau penggunaan kata hubung yang tida tepat.

III. HAL YANG HARUS KAMU  LAKUKAN DAN HAL YANG HARUS KAMU HINDARI DALAM MEBUAT ESAI LMIAH

1. Hal yang harus kamu lakukan
  • Buat judul belakangan, untuk judul esai sendiri punya rumusnya lhoo. Rumus judul esai = Opini + sebagai solusi untuk + menyelesaikan/mencapai/meningkatkan + tujuan
  • Fokus ke satu topik / pilih satu masalah khusus aja.
  • Gunakan sumber/referensi yang terpecaya
  • Gunakan kata pembuka yang menarik
  • Gunakan kata penghubung atau kata transisi. Contoh :Bagaimanapun. Oleh sebab itu, Berdasarkan   pernyataan tersebut, dan sejenisnya.
  • Menggunakan kata - kata populer.
2. Hal yang harus kamu hindari
  • Buat judul dulu,karena hal ini dapat memenjarai ide atau gagasanmu
  • Terlalu banyak topik/masalah khusus yang ingin kamu selesaikan.
  • Gunakan sumber/referensi yang tidak valid atau hoax
  • Menggunakan kalimat secara berulang, karena hal ini menujukan bahwa kamu miskin kosa kata, itu berarti kamu kurang banyak baca.
  • Menggunakan kata - kata berikut : kamu, klise, beberapa, itu, hal- hal, akan, aku, saya, dan penulis.
  • Menggunakan kata - kata spesialis (kata - kata yang hanya digunakan oleh kalangan/bidang tertentu, contohnya dalam bidang matematika ada istilah kata negasi yang berarti tidak, dalam dunia bisnis ada istilah revenue  yang berarti pendapat, dan sejenisnya).
Oke guyss, sekian materi tentang penulisan esai ilmiah. Untuk contoh - contoh esai sendiri akan segera dishare di sini beserta pembahasan kesalahan - kesalahannya. Ditunggu yaa, jangan lupa dibagikan agar ilmunya semakin bermanfaat !

No comments:

Post a Comment