Saturday, May 21, 2016

Semakin kau pandangi, Semakin menarik hati

Bismillaahirrahmaannirrahiim :)

Assalamu'alaykum ikhwah fillah, sekarang ane mau share artikel bikinan Karo SMAN 77 nih !! Dengan sedikit tambahan dan editan dari ane...
Selamat membaca yaa, semoga bermanfaat !

Dalam kegiatan rutin sehari-hari sebenarnya kita telah mendapatkan amalan yang baik dari melakukan hal-hal yang simple dan patut dilakukan, tapi karena seiringnya zaman perilaku tersebut menjadi sulit untuk dilakukan. Hal yang tadinya salah, lama kelamaan menjadi benar karena telah terbiasa dilakukan. Contohnya campur baurnya laki - laki dan perempuan yang zaman sekarang dianggap biasa saja. Padahal dahulu itu adalah hal yang dianggap tabu...!

 Menjaga pandangan setiap orang harus menjaga pandangannya dari seseorang yang belum makhromnya. Baik itu seorang laki-laki maupun perempuan.Tapi terkadang kita anggap remeh hal tersebut, padahal dari sebuah pandangan itu akan berujung ke perzinahan. Dari mata turun ke hati ! Begitulah katanya! Semakin lama kau pandangi si dia, semakin setan tambahkan kepadanya kecantikan dan ketampanan. Dari pandangan, lalu obrolan, berlanjut ke pegangan tanga, setelah itu berakhir ke perzinahan.

Padahal Allah Ta’ala berfirman,
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

”Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” (QS. An-Nur [24] : 30).

Begitu pula dengan perempuan yang diperintahkan untuk menjaga pandangannya dalam ayat selanjutnya. Dan dari ayat tersebut Allah berfirman dengan menjaga pandangan terlebih dahulu dan kemudian memelihara kemaluan berikutnya. Mengapa demikian? Karena dari menjaga pandangan, kita telah menjaga perilaku lainnya terutama untuk menjauhi zina. Dan perilaku untuk berzina adalah hal yang dilaknati oleh Allah. Karena berawal dari tidak menjaga pandangan yang diawali hanya untuk sekedar “cuci mata” yang akhirnya berujung ke zina sesungguhnya. Setelah itu, menjaga pandangan dapat menghindarkan diri kita dari fitnah orang lain, karena mata kita telah mempermainkan hal yang kita tidak inginkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda, 
النَّظْرَةُ سَهْمٌ مِنْ سِهَامِ إِبْلِيسَ مَسْمُومَةٌ فَمَنْ تَرَكَهَا مِنْ خَوْفِ اللَّهِ أَثَابَهُ جَلَّ وَعَزَّ إِيمَانًا يَجِدُ حَلَاوَتَهُ فِي قَلْبِهِ

”Memandang wanita adalah panah beracun dari berbagai macam panah iblis. Barangsiapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan memberi balasan iman kepadanya yang terasa manis baginya” (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak no. 7875)

Tetaplah istiqomah untuk mendekatkan diri kita kepada Allah dan menjaga akhlak yang baik.Jangan biarkan akhlak buruk berhasil menguasai diri kita dengan hal yang lebih buruk lagi lalu semakin menjauhkan kita kepada Allah SWT.. Salah satunya adalah dari memandang lalu melakukan zina. Walaupun hijrah ke akhlak yang baik itu sulit untuk dilaksanakan dengan baik, tapi dengan seiringnya proses dan niat yang besar untuk menjauhi segala larangan-Nya, Insya Allah akan mendapatkan balasan yang manis diakhirnya.

Semangat berhijrah ikhwahfillah !

Wassalamu'alaykum :)

Created by Ghiffari Zaka Waly
Edited by Rahma R. Saraswati

No comments:

Post a Comment